Tanggap Darurat Merapi Diperpanjang Dua Pekan

Tanggap darurat Korban Merapi yang rencananya berakhir Kamis (9/12) akan diperpanjang dua minggu lagi.

''Tanggap darurat kita perpanjang lagi dua minggu. Selama para korban merapi belum bisa pindah ke shelter, tahap tanggap darurat masih terus diberlakukan,''kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta sebelum berangkat ke Sleman untuk rapat koordinasi dengan Bupati Sleman, Rabu (8/12).

''Tanggap darurat kita tunda sampai dua minggu sejak tanggal 9 Desember. Kalau BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sampai besok (red. Kamis,9/12). Selama mereka belum pindah ke shelter kan tetap tanggap darurat. Hal ini untuk memudahkan penanganan. 'Mosok' nanti untuk memberi bantuan makan saja harus dilelang,''kata Sultan.

Selanjutnya ketika ditanya soal pembangunan Shelter Sultan HB X mengatakan pembangunan shelter saat ini terus berlangsung. "Shelter sudah mulai berdiri tapi jumlahnya berapa saya tidak tahu persis. Mungkin pertengahan Desember sebagian sudah selesai,''tutur dia.

Selanjutnya Gubernur mengatakan pembangunan sebanyak 2541 shelter sudah bisa dibiayai. Kalau jumlah rumah yang tidak bisa ditinggali sesuai dengan data yang terdaftar sebanyak 2541 shelter sudah bisa berdiri semua. Namun hal itu bisa kurang dan bisa juga kelebihan. Harapan saya, setelah berdiri shelter, maka air, listrik dan alat dapur, kebutuhan tidur dan isi shelter lainnya juga masuk,''ungkap dia.

Sultan juga memastikan dari sisi dana pembangunan shelter tidak menemui kendala. Biaya sudah terpenuhi semua dari para donatur dan anggaran pemerintah. Menurut dia, biaya pembangunan shelter sebesar Rp 7 juta per unit itu sudah termasuk pemasangan listrik dan air bersih.

Sementara itu mengenai permintaan warga agar pemerintah menggratiskan biaya pembayaran listrik selama mereka tinggal di Shelter, menurut Sultan untuk biaya listrik per bulan menjadi tanggungjawab warga sendiri. ''Kita kan tidak tahu kebutuhannya. Mereka yang tidak menggunakan televisi,kan berbeda dengan mereka yang tidak menggunakan televisi,''tutur Sultan.

0 komentar:

Posting Komentar

VISITOR

READ THIS :

Chat

Followers

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "