Penyebab Kecelakaan Jalan

Sebagian besar penyebab Kecelakaan di jalan yang mengakibatkan luka berat/ meninggal sebagai berikut :

cepat.gifmabuk2.gif

arah.gifsabuk.gifngantuk.gif

nyalib.gif dekat.gifkonsen.gif

lewat.gif ngalah.gif

PERSIAPAN SEBELUM MENGEMUDI

Apa yang anda cek sebelum mengemudi ?

Sebelum anda mengemudi, lakukan selalu pengecekan alat keselamatan pada kendaraan anda sebelum jalan.

* Ban

Perhatikan kembang/Tapak ban jangan sampai kembang/tapak tidak ada (gundul), paling sedikit 1,5 mm dari dalam (kira-kira setebal kepala korek api) yang bisa berakibat tidak stabilnya posisi kendaraan.

* Rem

Anda harus mengecek rem secara teratur sebelum menggunakan. Rem yang tidak pakem berarti membuat panjang jarah henti bertambah.

* Kemudi

Pastikan kemudi terpasang dalam keadaan baik sebab kemudi yang tidak baik akan mengakibatkan arah kendaraan akan menyimpang.

* Lampu

Menyalakan semua lampu ; lampu depan, lampu rem, lampu petunjuk, dan lampu parkir. Karena pengguna kendaraan yang lain tidak akan mengerti kemana arah kendaraan anda jika lampu petunjuk mati. Gunakan lampu peringatan untuk keadaan darurat saja bukan untuk arah lurus.

* Klakson

Penggunaan klakson sebagai peringatan di jalan pada saat yang berbahaya (diperlukan). Sebagai alat pemberitahu melalui suara.

* Pembersih kaca

Sangat diperlukan dalam keadaan hujan sebagai pembersih kaca dari butir-butir air hujan dan sebagai pembersih debu pada kaca.

* Sabuk Pengaman

Gunakan sabuk pengaman, pastikan sabuk pengaman berfungsi dengan baik dengan cara menghentakkan sabuk secara tiba-tiba apabila tersangkut berarti sabuk pengaman dalam keadaan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

VISITOR

Chat

Followers

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "